Candi Sewu Yogyakarta No ratings yet.

By | July 4, 2019

Candi Sewu adalah candi Budha yang dibuat pada era ke 8 yang ada dekat sama Candi Prambanan, jaraknya seputar 800 mtr. disamping utara Candi Prambanan. Candi Sewu ini mempunyai nama lain yakni Candi Manjusrighra. Candi Sewu adalah candi Budha paling besar ke-2 sesudah Candi Borobudur yang berada di Jawa Tengah. Tapi umur Candi Sewu lebih tua dari Candi Borobudur serta Candi Prambanan. Candi ini aslinya mempunyai 249 candi, tapi warga ditempat menamai candi ini dengan “Sewu” yang berarti seribu dalam bahasa Jawa. Nama itu diambil berdasar narasi legenda Loro Jonggrang. Di Candi Sewu ini anda dapat juga nikmati sunsetnya matahari.

Artikel Terkait : http://blingee.com/profile/sewarentalmobiljogja

Menurut sejarahnya nama asli candi ini ialah “Prasada Vajrasana Manjusrigha”. Prasada yang berarti candi atau kui, Vajrajasana yang berarti tempat Wajra (intan atau halilintar) bertahta, serta Manjusri-grha yang berarti Rumah Manjusri. Manjusri adalah satu diantara Boddhisatwa yang ada di ajaran agama Budha. Candi Sewu dibuat pada era ke 8 masehi di akhir pemerintahan Rakai Panangkaran. Raja Panangkaran adalah raja kerajaan Mataram Kuno pada saat pimpinan pada tahun (746-784).

Artikel Terkait : https://thetandd.com/users/profile/rentalmobildijogja/

Candi ini mulai diperluas pada saat pemerintahan Rakai Pikatan yang disebut seseorang pangeran dari dinasti Sanjaya yang menikah dengan Pramodhawadhani dari dinasti Sailendra. Sesudah kekuasaan dinasti Sanjaya, rakyatnya masih berpedoman agama awalnya. Sebab terdapatnya Candi Sewu yang bercorak candi Budha yang bersisihan dengan Candi Prambanan yang bercorak agama Hindu memberikan jika dahulu di wilayah Jawa ini agama Hindu serta Budha hidup dengan serasi serta toleransi beragama. Sebab luasnya kompleks Candi Sewu ini, Candi Sewu ini dahulu adalah Candi Budha Kerajaan, sekaligus juga jadi tempat pekerjaan agama Budha pada waktu dulu.

Artikel Terkait : https://tdn.com/users/profile/rentalmobiljogja/

Candi ini dahulu sudah pernah rusak karena gempa pada bulan Mei 2006 di Jogjakarta serta di Jawa Tengah sisi selatan. Kerusakannya benar-benar kronis sampai ke candi intinya. Pecahan bebatuan berantakan di tanah, retakan antar sambungan batu kelihatan. Candi Sewu ini adalah satu diantara candi Budha yang berada di Candi Prambanan, dengan luas tempat 185 mtr. utara-selatan serta 165 mtr. timur-barat.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *