Sejarah Gedung Balai Kota Surabaya

Tempat Gedung Balai Kota Surabaya – Gedung ini terdapat di Jalan Wali Kota Mustajab, Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur. Tempat gedung balai kota ini ada di samping utara Gereja Maranatha.

Gedung Balai Kota Surabaya
Surabaya jadi Resort Gemeente dengan resmi mulai berdiri pada tanggal 1 April 1906. Terlebih dulu Surabaya adalah sisi dari karesidenan Pemerintah Gemeente yang digerakkan oleh Dewan Gemeente serta diketuai oleh asisten residen jadi kepala daerah, sewa mobil surabaya

Th. 1916 diangkat Wali Kota Surabaya pertama, A. Meyroos yang bertugas hingga th. 1921. Pada saat A. Meyroos menjabat, G. Cosmas Citroen memajukan desain pertama untuk balai kota karna Surabaya waktu itu memanglah belum juga memiliki kantor pemerintahan. Tempat awal yang diambil yaitu dimuka Tugu Pahlawan, tapi karna pada saat itu terhalang cost sangat terpaksa hasil rancangan Citroen tidak dapat diwujudkan oleh A. Meyroos.

Baca :

Baru sesudah wali kota yang ke-2, G. J. Dijkermann dipilih, gagasan membuat gedung balai kota diwujudkan. Tetapi, rancangan Citroen mesti didesai ulang sesuaikan dengan tempat tempat dibuatnya gedung balai kota itu. Tempat yang disiapkan yaitu di daerah Ketabang hingga desainnya mesti memotong rancangan bangunan yang berada di sisi belakang bangunan paling utama. Hal semacam ini didasarkan pada pertimbangan bila dibuat di daerah Ketabang, gedung balai kota itu tidak menghadap ke alun-alun. Hingga, bangunan paling utama mesti diundurkan supaya kesan focal point tampak.

Gedung paling utama balai kota di daerah Ketabang itu mulai dibuat pada th. 1920 serta usai pada th. 1925. Proses pembangunan fisiknya dikerjakan oleh N. V. Hollandsche Beton Maatschappij. Cost semuanya, termasuk juga peralatan serta lain-lainnya, menggunakan dana sekitaran 1. 000 gulden. Nama Dijkermann sendiri sempat diabadikan jadi nama jalan yaitu Dijkermannstraat (saat ini yaitu Jalan Yos Sudarso, satu ruas jalan menuju Balai Kota Surabaya) rental mobil surabaya

Pada bln. Januari 1937, Balai Kota Surabaya jadi tempat untuk menyongsong Ratu Juliana serta pangeran Bernhardfeesten saat bertandang ke Surabaya. Sejak dibangun, gedung yang mempunyai panjang 102 m serta lebar 19 m ini memanglah berperan jadi Balai Kota Surabaya sampai sekarang ini. Memiliki bentuk tidak beralih, cuma sisi atapnya yang dahulu terbuat dari sirap ditukar dengan genteng.

Saat ini, di tangan Tri Rismaharini, wali kota wanita pertama Surabaya, gedung Balai Kota Surabaya jadi asri. Halaman depan dari gedung balai kota ini, di buat taman-taman yang menghijau yang pas di dalam halaman depan ada air mancur.

Demikianlah artikel Sejarah Gedung Balai Kota Surabaya dari blog Oneclick SEO Website Terima kasih Pula telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel Web Jasa Seo yang singkat ini yang berjudul “Sejarah Gedung Balai Kota Surabaya”. Semoga informasi Dari Web Jasa Seo dan Pakar Seo Ahli SEO yang terkandung di dalamnya dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Updated: February 4, 2018 — 5:19 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 Oneclick.web.id - Jasa SEO Master dan Ahli Pakar SEO Murah Powered By Jasa SEO Frontier Theme